Menulis Kreatif untuk humas Indonesia Power

[IMG:mneulis-kreatif-u-humas-indo-power.jpeg]

Penting bagi praktisi kehumasan untuk memahami gaya penulisan dan mengenal ragam tulisan. Melalui tulisan juga akan terbentuk suatu citra yang dibawa oleh suatu perusahaan . Dengan difasilitasi oleh Serikat Perusahaan Pers Pusat,  PT. Indonesia Power menggelar workshop internal untuk praktisi humasnya.

Workshop yang diadakan di PLTU Perak Surabaya pada 15-16 Januari 2014 itu berjalan dengan  seru dan meriah. Workshop Internal untuk humas PT. Indonesia Power ini dihadiri oleh 18 peserta. Acara workshop ini dibuka oleh M.Syudhada selaku Perwakilan dari PT. Indonesia Power.

Acara dilanjutkan dengan Ice Breaking yang dibawakan oleh Asmono Wikan  (Direktur Eksekutif SPS Pusat) tentang “Yuk Mari Menulis”. Untuk Sesi kedua workshop internal ini dilanjutkan dengan bahasan mengenai “Mengenal dan Memahami Ragam Tulisan (Berita hingga Feature), dan Menulisa Kreatif oleh Teguh Poeradisastra (Kepala Kompartemen Bisnis Majalah SWA).

Pada acara yang berjalan dengan serius tapi santai itu materi ketiga di hari kedua dibawakan oleh Herry Muhammad (Redaktur Pelaksana Majalah Gatra). Pada kesempatan itu, Herry Muhammad memberikan briefieng kepada peserta dan ikut serta turun untuk melakukan observasi/liputan. Peserta dibawa ke tugu pahlawan untuk kemudian dipersilahkan mencari bahan tulisan secara langsung. Setelah itu,  peserta kembali keruang kelas untuk menuliskan hasil observasinya dan dipresentasikan didepan kelas.

Pada sesi keempat dan juga merupakan sesi penutup, workshop internal ini membahas tentang “Bagaimana Menulis bagi Media Internal Perusahaan” yang dibawakan oleh Nigar Pandrianto (Content Strategic Gramedia Majalah). Untuk peserta yang berprestasi dalam kegiatan ini juga mendapatkan reward yang akan diberikan oleh panitia penyelenggara.

Acara ini disambut oleh antusias para peserta workshop. Berdasarkan kuesioner yang diberikan, peserta mengharapkan kegiatan ini terus diadakan untuk ketahapan yang lebih “advance”, sehingga nantinya keahlian menulis para peserta akan terus terasah dan meningkat. Peserta yang mengikuti workshop yang difasilitasi SPS pusat juga akan diberikan sertifikat yang ditandatangani oleh Dahlan Iskan sebagai Ketua Umum SPS Pusat. *bimo+eta