Indonesia Public Relations and Awards Summit (IPRAS) 2013

[IMG:indo-public-ipras-2013.jpeg]

Untuk kedua kalinya sejak 2012, Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat kembali memberikan penghargaan SPS Awards kepada sejumlah tokoh dan lembaga/korporasi di Indonesia. Penghargaan tersebut telah diserahkan Jumat (29/11) sore dalam sebuah selebrasi seremoni acara Indonesia Public Relations Awards and Summit (IPRAS) di hotel The Rich Sahid, Jogjakarta.

Enam kategori penghargaan diserahkan dalam ajang yang dihadiri oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad, Wakil Menteri Hukum dan HAM Deny Indrayana, Ketua Harian SPS Pusat M Ridlo 'Eisy, sejumlah direksi perusahaan nasional dan multinasional, serta ratusan peserta IPRAS dari seluruh Tanah Air. Masing-masing kategori itu adalah Tokoh Publik Pilihan SPS 2013, Lembaga Publik Pilihan SPS 2013, Tokoh PR Pilihan SPS 2013, Program PR Pilihan SPS 2013, Korporasi Pilihan SPS 2013, dan CEO Pilihan SPS 2013.

Dalam pandangan Pengurus SPS Pusat, para tokoh penerima SPS Awards 2013 adalah mereka yang memiliki integritas, inovasi, kinerja unggul, tidak sedang tersangkut tindak pidana, memberikan inspirasi bagi lingkungannya, serta dikenal publik cukup luas. "Adapun lembaga atau korporasi penerima SPS Awards 2013, kami pandang karena kehadiran mereka dipercaya sangat tinggi oleh publik, memiliki kinerja yang unggul, serta memberikan kemanfaatan besar bagi masyarakat," ujar Dahlan Iskan, Ketua Umum SPS Pusat.

Pada kategori Tokoh Publik Pilihan SPS Pusat 2013, tersebutlah Basuki Tjahja Purnama (Wakil Gubernur DKI Jakarta) dan Denny Indrayana (Wakil Menteri Hukum dan HAM). Kemudian Lembaga Publik Pilihan SPS Pusat 2013 adalah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Pusat Pelaporan Analisa dan Transaksi Keuangan (PPATK).

Untuk Korporasi Pilihan SPS Pusat 2013 jatuh kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Astra Internasional Tbk, PT Pertamina (Persero), PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Pada kategori CEO Pilihan SPS 2013, pemenangnya adaah Ignasius Jonan (KAI), Emirsyah Satar (Garuda Indonesia), Arief Yahya (Telkom), Prijono Sugiarto (Astra), Karen Agustiawan (Pertamina), Dwi Soetjipto (Semen Indonesia), dan Jahja Setiaatmadja (BCA).

Selanjutnya kategori Tokoh PR Pilihan SPS Pusat 2013 jatuh ke Johan Budi SP (KPK), Troy Pantouw (Danone Aqua), Adita Irawati (Telkomsel), Pujobroto (Garuda), Yulian Warman (Astra), Difi A Johansyah (Bank Indonesia), dan Sugeng Priyono (KAI). Sedangkan Program PR Pilihan SPS Pusat 2013 dimenangkan oleh Unilever dengan "Green & Clean", Bank Mandiri dengan "Wira Usaha Muda Mandiri", dan KAI dengan "Tertib membeli tiket (tiket online)".

Seluruh pemenang SPS Awards 2013 memperoleh Sertifikat yang ditandatangani langsung Dahlan Iskan selaku Ketua Umum SPS Pusat. Penyerahan sertifikat disampaikan oleh Sri Sultan HB X. Penyerahan penghargaan SPS itu sekaligus menutup rangkaian kegiatan IPRAS tahun kedua yang berlangsung Kamis - Jumat, 28 - 29 November 2013 di Jogjakarta.

Dalam sambutan penutupnya, Sri Sultan mengajak para "Tokoh Bangsa" --demikian ia menyebut para penerima SPS Awards 2013-- agar terus berkarya dengan penuh integritas. Hal sama ditekankan Dahlan Iskan yang tidak bisa hadir di tengah-tengah acara namun mengirim pesan melalui rekaman suara, "Teruslah berintegritas!" Selamat kepada seluruh penerima SPS Awards 2013. Sampai jumpa dalam IPRAS dan SPS Awards 2014. (asw)